Kesehatan

SehatQ: 2 Cara Menghitung Usia Kandungan Mudah dan Akurat

Menghitung usia kandungan menjadi hal yang penting. Sebab dengan mengetahui usia kandungan kita juga bisa memperkirakan hari kelahiran bayi. Tak hanya itu, dengan mengetahui usai kandungan maka kita bisa mencukupi kebutuhan nutrisi selama hamil sesuai dengan periodenya.

Umumnya menghitung umur bayi dalam kandungan berpatokan pada tanggal atau hari terakhir haid atau menstruasi. Hari pertama haid terakhir (HPHT) diangkap sebagai hari pertama umur kehamilan. Cara tersebut dianggap cukup akurat, walaupun sebenarnya pembuahan baru terjadi di 11 – 21 hari setelah tanggap tersebut. Masa kehamilan sendiri umumnya terjadi sekitar 280 hari atau 40 minggu setelah HPHT.

Cara tersebut sebenarnya bukanlah satu-satunya cara untuk menentukan usia kehamilan. Setidaknya ada dua cara untuk menghitung usia kandungan. Apa saja caranya dan bagaimana cara menghitungnya? Mengutip dari situs kesehatan, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Menghitung Usia Kandungan dari HPHT

Selain menggunakan Kalkulator kehamilan, Sudah disinggung sebelumnya bahwa hari pertama haid terakhir bisa menjadi patokan perhitungan umur kandungan. Cara ini memang cukup populer dan banyak digunakan untuk mengetahui usia kandungan. Cara ini dikenal juga dengan rumus Nargele. Metode perhitungan ini dianggap sebagai cara terbaik untuk perempuan yang siklus haidnya teratur selama 28 hari.

Untuk menghitung usia kandungan dari HPHT, pertama-tama haru menetukan tanggal HPHT terlebih dahulu kemudian di tambahkan 40 minggu dari tanggal tersebut. Hal ini diperlukan utnuk menentukan waktu persalinan. Dengan demikian, secara otomatis cara ini mengasumsikan bahwa kehamilan berjalan selama 280 hari atau 40 minggu. Agar lebih jelas, berikut ini contoh cara menghitung usia kandungan dengan metode ini.

Langkah-langkah perhitungan:

  1. Menentukan terlebih dahulu HPHT.
  2. Menambahkan satu tahun.
  3. Menambahkan tujuh hari.
  4. Mengurangi tiga bulan.

Mislanya ada seorang perempuan memiliki HPHT di tanggal 8 November 2021, maka perhitungan usia kandungannya sebagai berikut.

  • 8 November 2021 + 1 tahun = 8 November 2022
  • 8 November 2022 + 7 hari = 15 November 2022
  • 15 November 2022 – 3 bulan = 15 Agustus 2022

Jadi, perkiraan kelahiran bayi perempuan tersebut yaitu tanggal 15 Agustus 2022. Cara menghitung usia kandungan ini memang cukup akurat, namun akan sulit dilakukan bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur. Sebab biasanya, wanita dengan siklus menstrusasi tidak teratur lupa dengan tanggal HPHT-nya.

Menghitung Usia Kandungan dari Hasil USG

Cara menghitung usia kandungan lainnya yaitu dengan melihat hasil USG. Cara ini dianggap lebih akurat karena dokter kandungan yang menentukan usia kandungan. Sebelum menentukan usia kandungan, dokter akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan fisik dan USG transvaginal untuk mengetahui usia kehamilan dengan akurat.

Hasil USG bisa menghitung waktu kehamilan dengan lebih akurat jika dilakukan di awal kehamilan. Karena umumnya di minggu pertama, janin masih berkembang dengan kecepatan yang sama. Sedangkan saat usia kehamilan sudah tua, tingkat pertumbuhan bayi dalam kandungan berbeda-beda.

Sehingga USG yang dilakukan di trimester akhir masa kehamilan bertujuan untuk menegtahui perkembangan janin, bukan untuk menentukan usia kehamilan. Dengan melakukan USG para orang tua bisa lebih mengetahui kondisi bayinya. Dan bisa menjadi acuan untuk melakukan perlakuan terbaik bagi bayi tersebut, misalnya menambah asupan nutrisi atau melakukan aktivitas fisik yang bertujuan untuk menjaga kesehatan bayi.

Itulah dua cara menghitung usia kandungan yang biasanya dilakukan. Keduanya dirasa paling akurat, namun waktu kelahiran bayi biasanya berbeda dengan prediksi hasil hitungan. Maka dari itu, saat memasukin trimester terakhir, sebaiknya ibu hamil mempersiapkan diri untuk mengahdapi persalinan yang bisa kapan saja terjadi. Anda juga perlu mengontrol berat badan ketika hamil menggunakan Kalkulator BMI agar berat badan ideal tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *