Otomotif

Mobil Listrik BMW 330e M Sport dan X3

BMW Indonesia kini resmi bekerja sama dengan Mandalika Grand Prix Associaction (MGPA), yang menjadikan Mobil Listrik BMW ini offical car untuk acara ajang internasional yang berlangsung di Mandalika tepatnya di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Dalam hal ini BMW memiliki dua model yang digunakan sebagai offical car/ mobil resmi yakni Mobil Listrik BMW 330e M Sport dan BMW X3 xDrive30e. Ini sejalan dengan planning pergelaran MotoGP nanti yang akan berlangsung pada bulan Maret 2022, dan BMW sebagai Official Car MotoGP sejak 1999.

Vice President of Sales and Network Development BMW Indonesia Bayu Riyanto mengatakan bahwa BMW ini tidak bisa dipisahkan dari Motorsport. “Brand BMW tidak dapat dipisahkan dari Motorsport. Itu ada dalam DNA kita. Oleh karena itu kami ingin mengumumkan bahwa BMW akan menjadi Official Mobility Partner untuk Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika,” tutur Bayu Riyanto pada hari Minggu 7 November 2021.

Mobil Listrik BMW

Selain itu, Head of Operations Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Dyan Dilato sekaligus sebagai pengurus PP Ikatan Motor Indonesia (IMI) menjelaskan bahwa penggunaan dari kendaraan yang mumpuni, dengan teknologi dan terelektrifikasi menjadi bonus bagi MGPA dari secara operasional maupun suistainability.

“Kami pasti akan memperkuat kerja sama dengan BMW Indonesia mengingat BMW adalah Official Car of MotoGP selama 20 tahun terakhir,” tutur Dyan.

Spesifikasi Mobil Listrik BMW

Kesempatan kali ini BMW Indonesia jadi Official Mitra MGPA dengan baris kendaraan Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), yakni BMW 330e M Sport dan BMW X3 xDrive30e.

Mobil Listrik BMW

Kedua Mobil Listrik BMW ini datang dengan tehnologi state-of-the-art dalam soal sistem pendorong BMW xDrive dan BMW eDrive technology. Gabungan mesin bensin 2.0L dan motor elektrik hasilkan tenaga dan efektivitas terbaik di kelas media sedan dan SAV; BMW 330e M Sport hasilkan tenaga 252 tk dan torsi 420Nm, dan BMW X3 xDrive30e hasilkan tenaga 292 tk dan torsi 420Nm.

Apakah tahu bahwa mobil listrik pertama di dunia telah ada sejak hampir 2 abad lalu?

Mengutip dari Trenoto, Perjalanan mobil listrik di dunia ternyata telah dimulai oleh seorang ilmuan atau penemu asal Hungaria, Anyos Jedlik. Ia disebut berhasil menciptakan mesin listrik pada 1828 yang kemudian dipasang pada mobil kecil buatannya.

Sejak itu juga dilaporkan beberapa ilmuan seperti Anyos di beberapa negara telah menciptakan prototipe mobil listrik. Sampai akhirnya pada jelang akhir abad 19 di Amerika Serikat, Baker Motor Vehicle Company (BMV) menjadi pabrikan pertama yang memproduksi mobil listrik pada 1899 bernama Baker Electrics.

Baca Juga: Kota Terbaik di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *